Text
Pengaruh kualitas pelayanan dan partisipasi anggota terhadap perolehan sisa hasil usaha anggota di Koperasi Pegawai Pos Indonesia Jakarta Pusat
ABSTRAK
Fitri Ovi Yanti. 8105123328. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Partisipasi
Anggota Terhadap Perolehan Sisa Hasil Usaha Anggota di Koperasi Pegawai
Pos Indonesia, Jakarta Pusat. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan
Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara
kualitas pelayanan dan partisipasi anggota terhadap perolehan sisa hasil usaha
anggota di Koperasi Pegawai Pos Indonesia (Kopposindo), Jakarta Pusat.
Penelitian ini dilakukan selama empat bulan bulan terhitung mulai bulan Februari
sampai dengan Mei 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
survei dengan pendekatan kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah 2467
anggota di Koperasi Pegawai Pos Indonesia (Kopposindo) Jakarta Pusat. Sampel
yang digunakan dalam penelitian ini adalah 96 anggota dari populasi dengan
menggunakan pengambilan sampel menurut Slovin. Data variabel X1 (Kualitas
Pelayanan) dan data variabel X2 (Partisipasi Anggota) instrumen yang digunakan
adalah kuisioner dengan menggunakan model skala likert. Sedangkan data
variabel Y (Sisa Hasil Usaha Anggota) merupakan data sekunder yang diperoleh
dari data sisa hasil usaha anggota yang diterima pada tahun buku 2015. Sebelum
digunakan, dilakukan uji coba validitas konstruk (construct validity) melalui
proses validasi yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total
dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X1
sebesar 0,912 dan X2 sebesar 0,838 membuktikan bahwa instrumen tersebut
reliable. Teknik analisis data menggunakan program SPSS versi 22.0 dimulai
dengan mencari uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas menggunakan metode
Komolgrov Smirnov Z dan di dapat nilai X1 sebesar 0,200, X2 sebesar 0,077, dan
Y sebesar 0,200 yang semuanya lebih besar dari signifikansi 0,05 maka data
berdistribusi normal. Dari hasil penghitungan diperoleh persamaan analisis jalur
Y= 0,338X1 + 0,352X2 + 0,686 dan X2 = 0,320 X1 + 0,897. Adapun nilai Rsquare
sebesar 0,314 yang artinya bahwa variabel sisa hasil usaha anggota dapat
dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan dan partisipasi anggota sebesar 31,4%
dan sisanya sebesar 68,6 dipengaruhi dan dijelaskan oleh variabel lain yang tidak
diteliti. Uji t menghasilkan thitung X1 3,728 > ttabel 1,661, karena thitung > ttabel, maka
pengaruh positif antara kualitas pelayanan terhadap SHU anggota. Kemudian
thitung X2 3,879 > ttabel 1,661, maka pengaruh positif antara partisipasi anggota
terhadap SHU anggota. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan
bahwa kualitas pelayanan dan partisipasi anggota berpengaruh terhadap sisa hasil
usaha anggota baik secara langsung maupun tidak langsung.
Kata Kunci:Kualitas Pelayanan, Partisipasi Anggota, Sisa Hasil Usaha
Anggota
Bibliografi : Lembar 116-118
SS00010658 | SK 10658 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain