Text
Pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar apresiasi tari : eksperimen metode inside -outside circle dan metode bamboo dancing pada siswa kelas X SMA Negeri 113 Jakarta
ABSTRAK
Mega Anggraini, 2016. Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Model
Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Apresiasi Tari (Eksperimen
Metode Inside – Outside Circle Dan Metode Bamboo Dancing Pada Siswa Kelas
X SMA Negeri 113 Jakarta). Program Studi Pendidikan Sendratasik. Fakultas
Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar
dengan menggunakan metode Bamboo Dancing dengan metode Inside – Outside
Circle dalam kelas seni tari siswa kelas X SMA Negeri 113 Jakarta.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 113 Jakarta, dengan sampel
kelas X IPA 1 dan X IPA 3. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling
atau probality sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes
objektif dengan menggunakan soal pilihan ganda dan soal essay yang sebelumnya
telah dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Pengujian persyaratan analisis
menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian perbedaan
menggunakan uji sampel berpasangan (paired t-test).
Uji prasyarat analisis data dilakukan uji Normalitas (Uji Liliefors) dan uji
Homogenitas (Uji Barlett), serta Uji Hipotesis (t-test). Hasil perhitungan uji
liliefors diperoleh kedua Lhitung lebih kecil dari Ltabel (0,092 < 0,165 dan 0,151 <
0,165, artinya kedua data skor berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji Barlett
untuk α = 0,05 dan db = 28 diperoleh 0,05 karena Xhitung < Xtabel maka H0
diterima. T-test diperoleh Thitung 13,234 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka
H0 ditolak dan H1 diterima.
Hasil penelitian dengan melakukan eksperimen metode pembelajaran inside –
outside circle dan metode pembelajaran bamboo dancing terhadap hasil belajar
dapat disimpulkan bahwa metode belajar bamboo dancing lebih berpengaruh baik
dari pada metode belajar inside – outside circle terhadap hasil belajar apresiasi
tari, karena pada metode inside – outside circle siswa mengalami kehilangan
konsentrasi dalam proses diskusi dan lebih memilih bergurau sedangkan metode
bamboo dancing siswa akan lebih aktif menuangkan ide-ide atau pendapatpendapat
yang didapat saat berbagi informasi dalam proses diskusi.
Kata kunci: Eksperimen Metode Pembelajaran, Metode Inside – Outside
Circle, Metode Bamboo Dancing, Hasil Belajar Apresiasi Tari.
Bibliografi : lembar 58-59
SS00010762 | SK 10762 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain