Text
Pengaruh metode bermain peran dan konsep diri terhadap kemampuan berbicara : studi eksperimen pada anak kelompok B di kota Bengkulu tahun 2016
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (a) perbedaan kemampuan berbicara antara anak yang bermain peran makro bebas dan anak yang bermain peran makro terpimpin, (b) pengaruh interaksi antara metode bermain peran dan konsep diri terhadap kemampuan berbicara (c) perbedaan kemampuan berbicara antara anak yang bermain peran makro bebas dengan konsep diri positif dan anak yang bermain peran makro terpimpin dengan konsep diri positif, (d) perbedaan kemampuan berbicara antara anak yang bermain peran makro bebas dengan konsep diri negatif dan anak yang bermain peran makro terpimpin dengan konsep diri negatif pada anak kelompok B di Kota Bengkulu. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain treatment by level 2 x2. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B di Taman Kanak-kanak (TK) umum di Kota Bengkulu, dengan teknik cluster simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh metode bermain peran dan konsep diri terhadap kemampuan berbicara anak dengan hasil uji ANAVA dua jalur dimana Fhitung= 9.11 >Ftabel = 4,11, dan terdapat interaksi antara metode bermain peran dan konsep diri terhadap kemampuan berbicara dimana F(OAB) = 10.43> Ftabel = 4,11. Dari hasil uji Tukey didapat Qhitung A1B1-A2B1= 3.71>Qtabel= 3.15, artinya kemampuan berbicara pada kelompok yang bermain peran makro bebas yang memiliki konsep diri positif lebih tinggi dari pada kelompok yang bermain peran makro terpimpin yang memiliki konsep diri positif . Qhitung A1B2-A2B2 = -2.76>Qtabel = 3.15, artinya kemampuan berbicara pada kelompok yang bermain peran makro bebas yang memiliki konsep diri negatif lebih rendah dari kelompok yang bermain peran makro terpimpin yang memiliki konsep diri negatif.
Kata Kunci : Kemampuan Berbicara, Metode Bermain Peran, Konsep Diri, Penelitian Eksperimen.Bibliografi : lembar 206-213
TM00002126 | TM 2126 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain