Text
Peningkatan hasil belajar IPA kelas II Sekolah Dasar melalui metode inkuiri : penelitian tindakan di SDN Tanjungpura III Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang
EUIS SUMIATI
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar kelas II melalui Metode Inkuiri. Penelitian ini dilaksanakan di SDN. Tanjungpura III Karawang, dengan subjek penelitian sebanyak 30 orang siswa di kelas II. Pelaksanaan penelitian dimulai dari bulan Oktober sampai dengan bulan Nopember 2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang mengacu pada model Penelitian Tindakan Kelas dari Kemmis dan Mc. Taggart, di mana kegiatan satu siklus terdiri dari 4 komponen yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan catatan lapangan, dokumentasi, dan observasi. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPA melalui metode inkuiri setelah diadakan tindakan. Terjadi peningkatan yang signifikan, hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa 87,50 pada siklus I dan meningkat menjadi 93.6 pada siklus II.
Kata Kunci: Hasil belajar IPA kelas II sekolah dasar, metode inkuiri, penelitian tindakan
Bibliografi : lembar 101-102
TM00004599 | TM 4599 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2013.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain