Text
Women's beauty construction in maybelline lipstick printed advertisements
ABSTRAK
Anggun Anggrainy. 2016. Konstruksi Kecantikan Perempuan Di Dalam Iklan Media Cetak Lipstik Maybelline. Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa Dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan konstruksi kecantikan perempuan yang ada di dalam iklan lipstik Maybelline di media cetak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif interpretatif. Penulis menggunakan teori semiotika Roland Barthes, dengan mengungapkan makna denotatif dan konotatif di setiap simbol verbal dan yang bukan verbal. Sumber data pada penelitian ini adalah empat iklan lipstick Maybelline dari majalah wanita seperti, Lipstik Maybelline Rebel Bloom Lip colour di majalah Glamour edisi Juli 2015, Lipstik Maybelline Red Color Sensational di majalah Instyle edisi Februari 2015, Lipstik Maybelline Volume Seduction Lip Plumper di majalah Vogue edisi November 2015 dan Lipstik Maybelline Plum Lip Colour di majalah Cosmopolitan edisi Agustus 2015. Hasil dari penelitian ini bahwa iklan-iklan tersebut mencoba mempengaruhi pembaca dengan merepresentasikan modelnya sebagai konsep perempuan dengan kecantikan dan kesehatan bibir. Hal ini membuat pembaca membentuk suatu asumsi bahwa penggambaran konsep perempuan yang sempurna ada di dalam setiap iklan lipstick Maybelline adalah sesuatu yang nyata.
Kata kunci: konstruksi, semiotika, iklan
Bibliografi : lembar 55 - 56
SS00010843 | SK 10843 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain