Text
Pengaruh strategi relating,experiencing, applying, cooperating, transferring (REACT) terhadap sikap ilmiah siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD di Kelurahan Menteng Atas Jakarta Selatan
PENGARUH STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD DI KELURAHAN MENTENG ATAS JAKARTA SELATAN
(2016)
SITI HANA LISTIANI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) terhadap sikap ilmiah siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV sekolah dasar Kelurahan Menteng Atas, Jakarta Selatan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Menteng Atas 05 Pagi, Jakarta Selatan sebanyak 64 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Posttest Only Control Design. Penelitian ini menggunakan instrumen angket mengenai sikap ilmiah dengan skala Likert. Intrumen tersebut kemudian diuji normalitas dan homogenitas sebagai uji persyaratan data. Selanjutnya dilakukan analisis hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh thitung = 2,695 dengan dk = 62, sedangkan harga ttabel pada taraf signifikansi (α) = 0,05 dengan dk = 62 adalah sebesar 1,671. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut diperoleh bahwa thitung lebih besar daripada ttabel (2,695 > 1,671), maka artinya hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis kerja (H1) diterima. Hal ini dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan strategi REACT terhadap sikap ilmiah siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV sekolah dasar di Kelurahan Menteng Atas, Jakarta Selatan.
Kata Kunci: Strategi REACT, Sikap Ilmiah Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV
Bibliografi : lembar 76-78
SS00010920 | SK 10920 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain