Text
Studi tentang penerapan brain based learning melalui metode inkuri terhadap berpikir kritis ssisaw kelas XIMia SMAN 27 Jakarta pada materi Asam Basa
ABSTRAK
Penelitain ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Brain Based LearningOtak melalui metode inkuiri terhadap berpkiri kritis siswa pada materi asam-basa dikelas XI MIA SMAN 27 Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 di SMAN 27 Jakarta dengan menggunakan metode kualitatif dimana pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi, kuesioner, instrumen soal berpikir kritis siswa materi asam basa, reflektif jurnal, dan lembar kerja siswa. Hasil menunjukkan bahwa berpikir kritis siswa sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari jumlah indikator berpikir kritis yang dapat dijawab dengan baik. Model pembelajaran Brain Based Learning ini memiliki 7 tahapan, yaitu pra-pemaparan, persiapan, inisiasi dan akuisi, elaborasi, inkubasi dan memasukkan memori, serta verifikasi dan pengecekkan keyakinan. Brain Based Learning menciptakan proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan sesuai dengan kondisi kerja otak. Penggunaanya dalam kelas bermanfaat untuk guru sebagai alternatif pemilihan model pembelajaran yang dilaksanakan di dalam kelas dan bermanfaat juga bagi siswa untuk dapat lebih mengoptimalkan fungsi kerja otak sehingga materi yang diterima akan lebih mudah dipahami dan dapat diingat dalam memori jangka panjang.
Kata Kunci: Brain Based Learning, Berpikir Kritis, Asam Basa
Bibliografi : lembar 117-118
SS00010905 | SK 10905 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain