Text
Pengembangan video tutorial sudut pengambilan gambar mata pelajaran Teknik Pengambilan Gambar Bergerak di SMK Negeri 7 Jakarta
ABSTRAK Dalam metodologi pembelajaran ada dua aspek yang paling menonjol yakni metode pembelajaran dan media pembelajaran sebagai alat bantu mengajar. Di SMK Negeri 7 Jakarta pada program keahlian Multimedia terdapat Mata Pelajaran yaitu Teknik Pengambilan Gambar Bergerak (TPGB). Salah satu kompetensi dasarnya adalah sudut pengambilan gambar. Pokok materi ini menjelaskan tentang cara menggunakan kamera untuk mendapatkan sudut gambar. Berdasarkan observasi lapangan di SMK Negeri 7 Jakarta kelas XII Multimedia 2 dengan jumlah 36 siswa pada proses pembelajaran mata pelajaran kejuruan pada kompetensi melakukan pengambilan gambar dengan kamera, terdapat 12 siswa belum dapat menggunakan teknik-teknik pengambilan gambar dengan benar. Penyebabnya antara lain, guru menjelaskan materi secara ceramah, hanya terdapat satu alat yang dapat digunakan untuk demonstrasi saat praktikum, dan dilakukan satu kali saja, serta belum tersedianya media pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi mata pelajaran di sekolah. Untuk mengatasi hal tersebut, maka diperlukan media pembelajaran yang dapat menunjang proses belajar mengajar, salah satunya dengan media pembelajaran video tutorial tentang teknik-teknik pengambilan gambar yang dapat diputar berulang-ulang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat media pembelajaran berupa video tutorial yang diterapkan dalam pelajaran teknik pengambilan gambar bergerak kelas XII di SMK Negeri 7 Jakarta Jurusan Multimedia. Penelitian ini menggunakan metode RnD (Research and Development) dengan model pengembangan video tutorial dari Diknas dalam buku Andi Prastowo. Hasil pengembangan video tutorial teknik pengambilan gambar bergerak dengan kompetensi sudut pengambilan gambar di SMK Negeri 7 adalah diketahui bahwa video tutorial ini sudah memenuhi aspek kualitas tampilan/ tayangan dan kualitas pendokumentasiannya. Dari hasil evaluasi responden didapat skor sebesar 77,64%. Dengan rincian aspek kualitas tampilan/ tayangan sebesar 77,41%, aspek minat dan perhatian 74,48%, serta aspek ketepatan isi materi sebesar 79,66%. Hal ini menunjukkan bahwa menurut peserta didik pembelajaran teknik pengambilan gambar menggunakan video tutorial ini baik dan dapat membantu peserta didik dalam mempelajari dan memahami materi sudut pengambilan gambar serta dapat memotivasi peserta didik dalam belajar. Kata Kunci: Media, Video Tutorial, Pengambilan Gambar, Andi Prastowo
Bibliografi : lembar 90-91
SS00012026 | SK 12026 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain