Text
Tindak tutur ilokusi antara guru dan siswa pada anak penyandang down syndrome
ABSTRAK
Inten Fitriani Tindak Tutur Ilokusi Antara Guru dan Siswa pada Anak
Penyandang Down Syndrome. Skripsi, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia,
Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Juli 2016.
Penelitian ini membahas mengenai fenomena tindak tutur yang dimiliki
para siswa penyandang DS pada SLB Dharma Wanita Bogor yang dilaksanakan
sejak 20 Januari 2016 hingga 10 Februari 2016. Fokus penelitian ini ialah untuk
menganalisis tindak tutur ilokusi pada para siswa penyandang Down Syndrome.
Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui
analisis percakapan antara guru dan siswa dengan merekam aktivitas belajar
mengajar di SLB Dharma Wanita Kota Bogor di dalam kelas. Pada analisis tindak
tutur ilokusi para siswa SLB Dharma Wanita Kota Bogor ditemukan ilokusi
asertif 25 buah, ilokusi direktif 7 buah, ilokusi komisif 5 buah, ilokusi ekspresif 4
buah, ilokusi deklaratif tidak ditemukan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa jenis
tindak tutur para siswa pada anak penyandang DS di SLB Dharma Wanita Kota
Bogor yang paling banyak ditemukan ialah ilokusi asertif, yaitu sebanyak 25
buah. Ilokusi asertif menjadi jenis tindak tutur yang paling sering digunakan untuk
menyatakan sesuatu kepada lawan tutur karena banyaknya pernyataan yang
diucapkan siswa penyandang DS. Ilokusi deklaratif jarang sekali ditemukan
karena dalam percakapan antara guru dan siswa pada anak penyandang DS karena
tidak adanya korespondensi antara isi dan realitas.
Kata kunci: Pragmatik, Tindak Tutur, Down Syndrome
Bibliografi : lembar 52-53
SS00010955 | SK 10955 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain