Text
Hubungan antara kepemimpinan sekolah dan kepribadian dengan motivasi : studi korelasional terhadap guru sekolah dasar negeri se kecamatan Bojongsari, Depok tahun 2016
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara : (1) Kepemimpinan sekolah dengan motivasi; (2) Kepribadian dengan motivasi; (3) Kepemimpinan sekolah dan kepribadian dengan motivasi. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Bojongsari, Depok. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif korelasional dengan populasi penelitian adalah guru-guru SDN di kecamatan Bojongsari Kota Depok. Sampel penelitian diambil 104 orang guru yang diambil secara acak sederhana. Data kemudian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen kuesioner. Analisis data menggunakan statistik korelasi dan regresi dengan taraf α = 0,05.Penelitian memberikan hasil sebagai berikut: (1) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepemimpinan sekolah dengan motivasi. Ini memberikan makna semakin baik kepemimpinan sekolah seorang kepala sekolah maka semakin tinggi motivasi para gurunya.(2) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepribadian dengan motivasi, semakin kuat kepribadian yang dimiliki guru maka semakin tinggi motivasinya. (3) Terdapat hubungan positif signifikan antara kepemimpinan sekolah dan kepribadian secara bersama-sama dengan motivasi. Ini memberikan makna bahwa kepemimpinan sekolah dan kepribadian memberikan kontribusi terhadap motivasi. Kontribusi kepemimpinan sekolah dan kepribadian merupakan sumbangan yang cukup berarti untuk meningkatkan motivasi. Dengan demikian, kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan cukup kuat antara motivasi dengan kepemimpinan sekolah dan kepribadian.
Kata Kunci: Kepemimpinan Sekolah, Kepribadian, dan Motivasi
Bibliografi : lembar 105-107
TM00002112 | TM 2112 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain