Text
Pengaruh regulasi diri terhadap motivasi berprestasi siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Depok
ABSTRAK
Finanda Mutiartha Kusuma
Pengaruh Regulasi Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Kelas XI
Di SMA Negeri 4 Depok
Skripsi
Jakarta: Program Studi Psikologi
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Jakarta
2016
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh regulasi diri terhadap
motivasi berprestasi. Metode penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif dengan
skala psikologi berupa kuisioner. Penelitian ini menggunakan instrumen yang disusun
oleh peneliti dengan menggunakan teori regulasi diri remaja dari Barkley (1997) dan
teori motivasi berprestasi dari McClelland (1987). Sebanyak 160 orang yang
merupakan siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Depok menjadi sampel dalam penelitian
ini. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah simple random sampling. Hasil
penelitian dengan analisis regresi menunjukan terdapat pengaruh yang dihasilkan
antara regulasi diri dengan motivasi berprestasi. Nilai F hitung > F tabel = F hitung =
228,192 < F tabel= 3,90 hasil ini menunujukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.
Pengaruh kedua variabel tersebut bersifat positif dan nilai R yang dihasilkan sebesar
0,0,769, artinya semakin tinggi regulasi diri siswa semakin tinggi pula motivasi
berprestasinya. Besarnya pengaruh yang dihasilkan regulasi diri terhadap motivasi
berprestasi ialah sebesar 0,591 (59,1%) dan sisanya sebesar 40,9% dipengaruhi oleh
faktor lain.
Kata kunci : Regulasi Diri, Motivasi berprestasi, Siswa kelas XI SMA
Bibliografi : lembar 81-84
SS00010886 | SK 10886 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain