Text
Pengembangan Online Learning matakuliah Pengantar Teknologi Pendidikan untuk Prodi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta
PENGEMBANGAN ONLINE LEARNING MATAKULIAH PENGANTAR TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNTUK PRODI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
KUNTO IMBAR NURSETYO
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengembangkan online learning matakuliah Pengantar Teknologi Pendidikan (PTP) untuk Prodi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Teknologi Pendidikan UNJ dengan sasaran yaitu mahasiswa program sarjana dan magister. Adapun proses penelitian mengacu pada model pengembangan Dick & Carey. Nama produk hasil pengembangan ini yaitu OnlineCourse Web yang beralamat di URL http://onlinecourse.web.id. Online learning yang dikembangkan menggunakan authoring software atau platform LCMS yaitu Claroline (http://www.claroline.net). Evaluasi terhadap produk dilakukan sesuai acuan model pengembangan Dick & Carey, proses evaluasi bertahap dilakukan mulai dari review ahli yaitu kepada ahli materi, ahli media, dan ahli instruksional. Kemudian dilanjutkan dengan uji kepada sasaran dengan uji satu ke satu, kelompok kecil, dan terakhir melakukan uji lapangan. Evaluasi dilakukan hingga tahap evaluasi formatif, tahap evaluasi sumatif harus dilakukan oleh evaluator independen diluar peneliti yang mengembangkan produk. Hasil evaluasi formatif menyatakan bahwa online learning matakuliah PTP Program Studi Teknologi Pendidikan UNJ masuk kedalam kategori baik.
Kata kunci: online learning, studi pengembangan, teknologi pendidikan.
Bibliografi : lembar
TM00004534 | TM 4534 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain