Text
Pengaruh model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) terhadap kemampuan literasi kimia siswa di SMA : studi eksperimen di SMAN 102 Jakarta pada materi asam basa
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI KIMIA SISWA DI SMA (Studi Eksperimen di SMAN 102 Jakarta pada Materi Asam Basa)
Rika Afritasari, Zulmanelis, Erdawati
Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,
Universitas Negeri Jakarta, Jl. Pemuda No 10, Rawamangun 13220,
Jakarta, Indonesia
Corresponding author: rikaafritasari@yahoo.com (Rika Afritasari)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan literasi kimia siswa di SMA pada materi asam basa. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment, dengan desain Posttest-Only Control Design. Berdasarkan uji t didapatkan nilai thitung yaitu 2,8645 lebih besar dibandingkan dengan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 1,67121. Hal ini menunjukkan bahwa nilai kemampuan literasi kimia siswa pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol. Jadi kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh positif model pembelajaran PBL terhadap kemampuan literasi kimia siswa di SMA.
Kata Kunci : Problem Based Learning, literasi kimia siswa, asam basa
Bibliografi : lembar 51-53
SS00011731 | SK 11731 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain