Text
Penerapan disiplin pada siswa dalam pembelajaran sejarah : studi kasus di SMA Negeri 90 Jakarta
ABSTRAK
Larasati Septariani, Penerapan Disiplin pada Siswa dalam Pembelajaran Sejarah (Studi Kasus di SMA Negeri 90 Jakarta). Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Januari, 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan siswa SMA Negeri 90 Jakarta dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya penerapan dan penanaman kedisiplinan yang dilakukan oleh guru sejarah di SMA Negeri 90 Jakarta dalam pembelajarannya. Penelitian ini difokuskan pada nilainilai ketaatan, kepatuhan, keteraturan dan ketertiban guna memahami penerapan disiplin yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas X dan XI SMA Negeri 90 Jakarta. Penelitian ini dilakukan sejak Juli-September 2016. Dalam mengumpulan data, peneliti menggunakan metode pengamatan non-partisipan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Serta untuk menguji keabsahan data digunakan uji kreadibilitas dengan metode triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa penerapan dan penanaman kedisiplinan terjadi di SMA Negeri 90 Jakarta merupakan hasil dari tindakan guru. Guru memulai menerapkan kedisiplinan dengan memberikan contoh dan tindakan disiplin yang dilakukan secara terus-menerus dan berulang sehingga siswa tertanam untuk berperilaku disiplin. Dalam penanaman nilai-nilai kedisiplinan, guru menerapkan pada nilai ketaatan yang terlihat dari sikap kehadiran siswa, dan saat pengumpulan tugas. Guru juga menanamkan nilai kepatuhan melalui keteladanan yang ditiru oleh siswa dengan datang tepat waktu dan pembinaan akhlak mulia oleh guru. Di dalam penanaman nilai-nilai kedisiplinan siswa tersebut, guru juga menerapkan nilai keteraturan meskipun tidak terlihat kedisiplinan siswa dalam persiapan sumber belajar serta nilai ketertiban dilakukan guru dengan ulangan yang dilakukan sesuai jadwal dan memperhatikan penampilan siswa. Kata Kunci: Penerapan, Disiplin, Pembelajaran sejarah
Bibliografi : lembar ; 112-114
SS00012178 | SK 12178 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain