Text
Efektifitas gaya mengajar latihan dan gaya mengajar resiprokal terhadap hasil belajar servis atas bola voli pada siswa di SMP Negeri 97 Jakarta.
RINGKASAN
Tisen. Efektifitas Gaya Mengajar Latihan Dan Gaya Mengajar Resiprokal Terhadap Hasil Belajar Servis Atas Bola Voli Pada Siswa Di SMP Negeri 97 Jakarta. Skripsi. Jakarta : Program Studi Ilmu Keolahragaan, Jurusan Pendidikan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Jakarta, 2016
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya manakah yang lebih efektif antara gaya mengajar latihan dan gaya mengajar resiprokal terhadap hasil belajar servis atas bola voli. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah SMP Negeri 97 Jakarta pada bulan Oktober – November 2016. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen.
Penelitian ini peneliti melakukan tes awal kemudian dilanjutkan dengan memberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan gaya mengajar latihan dan resiprokal di akhiri dengan memberikan tes akhir. Selama 6 minggu (12 pertemuan) Sampel yang diambil menggunakan Random Sampling sebanyak 30 sampel. Instrument penelitian dengan menggunakan tes hasil belajar servis atas.
Data tes awal hasil servis atas bola voli pada kelompok gaya latihan dan gaya resiprokal diperoleh standart kesalahan perbedaan antara dua mean ( ) = 1,03, nilai tersebut menjadikan diperoleh = 0,321. kemudian hasil perhitungan tersebut diujikan dengan tabel pada derajat kebebasan (dk)= (N+N) -2 = (15-15)-2 = 28 dan taraf α = 0,05 diperoleh nilai kritis = 2,001. dengan demikian lebih kecil dibandingkan (0,321 < 2,048 ). Berdasarkan hasil analisis tersebut , maka diterima dan ditolak atau hipotesis yang menyatakan tidak terdapat perbedaan antara hasil tes awal hasil servis atas bola voli pada kelompok gaya latihan dan gaya resiprokal diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan dua kelompok yang akan diberikan perlakuan servis atas bola voli menggunakan gaya latihan dan gaya resiprokal tersebut, masing-masing memiliki kemampuan dasar melakukan servis atas yang sama.
Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t, uji-t dua sampel bebas, dan uji-t dua sampel berpasangan. Berdasarkan analisis data penelitian di peroleh hasil sebagai berikut : Efektifitas gaya mengajar latihan terhadap hasil belajar servis atas di peroleh rata-rata ( )= 6,86, nilai sebesar = 20,78. Jika di bandingkan dengan , ternyata lebih besar dari pada t-tabel sebesar 2,145 pada kepercayaaan = 0,05 dan derajat bebas 14
Efektifitas gaya mengajar resiprokal terhadap hasil belajar servis atas bola voli di peroleh nilai rata-rata = 11,13, sebesar 30,91. Jika di bandingkan dengan ternyata hasilnya lebih besar dari pada sebesar 2,145 pada kepercayaan = 0,05 dan derajat bebas 14.
Data tes akhir hasil servis atas bola voli pada kelompok gaya latihan dan gaya resiprokal diperoleh standart kesalahan perbedaan antara dua mean ( ) = 1,07, nilai tersebut menjadikan diperoleh 4,265. kemudian hasil perhitungan tersebut diujikan dengan pada derajat kebebasan (dk)= (N+N) -2 = (15+15)-2 = 28 dan taraf a = 0,05 diperoleh nilai kritis = 2,048. dengan demikian lebih besar dibandingkan (4,265 > 2,048 ). Berdasarkan hasil analisis tersebut , maka ditolak dan diterima atau hipotesis yang menyatakan terdapat perbedaan antara hasil tes akhir hasil servis atas bola voli pada kelompok gaya latihan dan gaya resiprokal terbukti.
Dapat di simpulkan bahwa gaya mengajar latihan dan resiprokal efektif terhadap hasil belajar servis atas bola voli pada siswa SMP Negeri 97 Jakarta yang mengikuti pembelajaran penjas pada materi servis atas. Dan gaya mengajar resiprokal lebih efektif di bandingkan dengan gaya mengajar latihan terhadap hasil belajar servis atas bola voli pada siswa di SMP Negeri 97 Jakarta.
Bibliografi : lembar 57 - 60
SS00012306 | SK 12306 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain