Text
Pengembangan modul floorball untuk pemain floorball tingkat pemula.
ABSTRAK
Akhmad Syauqi Mubarok. Pengembangan Modul Floorball untuk Pemain Floorball Tingkat Pemula. Skripsi. Jakarta : Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Jakarta, 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran floorball, yang dikemas dalam bentuk buku cetak yang digunakan untuk belajar mandiri. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Jakarta dan GOR Balai Rakyat Koja pada bulan September – Desember 2016. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R & D). Pengembangan pada penelitian ini mengacu pada model pengembangan instruksional yang dikembangkan oleh Atwi Suparman. Pengembangan ini terdiri dari delapan tahapan yaitu: mengidentifikasi kebutuhan instruksional dan menulis tujuan instruksional umum, melakukan analisis instruksional, mengidentifikasi perilaku dan karakteristik awal peserta didik, menulis tujuan instruksional khusus, menyusun alat penilaian hasil belajar, menyusun strategi instruksional, mengembangkan bahan instruksional, menyusun desain dan melaksanakan evaluasi formatif yang termasuk di dalamnya kegiatan merevisi Modul pembelajaran ini diujicobakan kepada satu orang ahli materi, satu orang ahli media dan satu orang ahli bahasa pada expert review, tiga orang pemain floorball pada uji coba one-to-one, sembilan orang pemain floorball pada uji coba small group dan enam belas orang pemain floorball pada uji coba field test. Dari hasil ujicoba tersebut diperoleh nilai rata-rata keseluruhan evaluasi expert review yaitu ahli materi memperoleh nilai 3,22 (termasuk dalam kategori Baik), ahli media memperoleh nilai 2,82 (termasuk dalam kategori Baik) dan ahli bahasa mememperoh nilai 3,20 (termasuk dalam kategori Baik). Dari hasil uji coba one-to-one memperoleh nilai 3,73 (termasuk dalam kategori Sangat Baik), dari uji coba small group memperoleh nilai 3,17 ( termasuk dalam kategori Baik) dan dari uji coba field test memperoleh nilai 55 untuk pre test dan 94 untuk post test. Dengan terjadinya kenaikan nilai 39 poin, maka modul pembelajaran floorball ini dapat dinyatakan tepat guna dan efektif. Dapat disimpulkan modul floorball ini layak digunakan untuk pemain floorball khususnya pemain pemula dan juga untuk masyarakat umum yang ingin mengenal dan mempelajari olahraga floorball.
Bibliografi : lemar 114 -115
SS00012310 | SK 12310 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain