Text
Pengembangan modul pembelajaran kimia berbasis pendekatan saintifik pada materi laju reaksi
ABSTRAK
Astika Rahayu. Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Laju Reaksi. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar kimia berupa modul berbasis pendekatan saintifik pada materi laju reaksi kelas XI. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research dan Development). Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu analisis kebutuhan, pengembangan produk, validasi produk oleh ahli materi, bahasa, dan media, dan uji coba produk oleh peserta didik dan guru.
Modul pembelajaran disusun dengan menerapkan langkah-langkah pendekatan saintifik. Penyajian materi dan rancangan kegiatan belajar disusun secara sistematis dengan tampilan yang menarik untuk menunjang pembelajaran mandiri bagi peserta didik. Hasil validasi oleh para ahli menunjukkan hasil sangat baik dengan nilai r sebesar 0,81-0,94. Pada tahap akhir, hasil uji coba produk oleh peserta didik dan guru juga menunjukkan hasil yang sangat baik dengan presentase penilaian >80%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis pendekatan saintifik pada materi laju reaksi yang dikembangkan sangat baik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran kimia.
Kata kunci: Modul Pembelajaran, Pengembangan Modul Pembelajaran, Pendekatan Saintifik, Laju Reaksi.
Bibliografi : lembar 74-75
SS00011757 | SK 11757 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain