Text
Pengaruh model Pembelajaran Problem Based Intstruction (PBI) dengan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMPN 9 Tangerang
ABSTRAK
IDA PARWATI. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction
(PBI) dengan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi
Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Tangerang. Skripsi. Jakarta: Bahasa dan Sastra
Indonesia. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta. Juni 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Problem Based Instruction (PBI) dengan media audiovisual terhadap
keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 9 Tangerang.
Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015-2016 pada bulan
Februari-Maret. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen,
yakni pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dengan teknik
random atau acak, didapat jumlah sampel sebanyak 60 siswa, yakni kelas
eksperimen 29 siswa dan kelas kontrol 31 siswa.
Berdasarkan penghitungan data, diperoleh nilai rata-rata posttest kelas
eksperimen sebesar 79,59. Hasil tesebut lebih tinggi dibandingkan dengan nilai
rata-rata posttest pada kelas kontrol yaitu 58,85. Hasil perhitungan uji normalitas
(uji Liliefors) diperoleh Lhitung sebesar 0,0099 pada pretest kelas eksperimen dan
0,0635 pada posttest kelas eksperimen, sedangkan pada pretest kelas kontrol
sebesar 0,0038 dan 0,0291 pada posttest kelas kontrol. Ltabel pada taraf signifikasi
0,05 untuk kelas eksperimen adalah sebesar 0,161 dan kelas kontrol sebesar 0,159,
maka data dinyatakan normal. Hasil uji homogenitas (uji Fisher) diperoleh Fhitung
sebesar 1,011 dan Ftabel pada taraf signifikasi 0,05 sebesar 1,868. Hasil tersebut
menunjukkan bahwa Fhitung < Ftabel, maka data dinyatakan homogen. Teknik
analisis data dengan menggunakan uji-t menghasilkan thitung sebesar 8,79 dan ttabel
sebesar 2,002 dengan taraf signifikasi sebesar 0,05. Hasil uji-t menunjukkan
bahwa thitung > ttabel. Dengan demikian, model pembelajaran Problem Based
Instruction (PBI) dengan media audiovisual berpengaruh terhadap keterampilan
menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 9 Tangerang
Implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia, model
pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan media audiovisual juga
dapat diterapkan pada keterampilan menulis teks eksplanasi. Model ini membantu
siswa untuk mengembangkan ide dan gagasan yang disertai dengan bukti berupa
fakta dan data. Apabila guru dan peneliti lain ingin melanjutkan atau
menggunakan model ini hendaknya memperhatikan kondisi belajar siswa dan
masalah yang sedang hangat terjadi di lingkungan sekitar agar siswa lebih peka
terhadap permasalahan di lingkungannya.
Kata Kunci: model pembelajaran Problem Based Instruction, media audiovisual,
keterampilan menulis teks eksposisi.
Bibliografi : lembar 200-201
SS00011789 | SK 11789 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain