Text
Penggunaan model pembelajaran think fair and share untuk meningkatkan hasil belajar pengeringan rambut (blow dry) dan penataan rambaut : penelitian tindakan kelas pada pada kelas XI Tata Kecantikan SMK Negeri 3 Bogor.
ABSTRAK
SRI ASTUTI DAMAYANTI, Penggunaan Model Pembelajaran Think Pair and Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengeringan Rambut (Blow Dry) dan Penataan Rambut. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Tata Rias, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, 2017.
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatakan hasil belajar pengeringan rambut (blow dry) dan penataan rambut. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SMK Negeri 3 Bogor. Pada Kelas X Tata kecantikan berjumlah 32 peserta didik. Waktu Pelaksanaan pada bulan Oktober-Nopember 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan didalam kelas oleh Guru dengan menggunakan Model pembelajaran Think Pair and Share pada pembelajaran pengeringan rambut (blow dry) dan penataan rambut. Evaluasi yang digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik berupa soal yang diberikan pada akhir siklus. Soal pilihan ganda berjumlah 25 butir soal. Dan untuk mengetahui peserta didik menerima model pembelajaran Think Pair and Share peneliti membagikan kuesioner berjumlah 22 butir pernyataan. Berdasarkan data persentase, hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dengan penggunaan model pembelajaran Think Pair and Share pada materi pengeringan rambut (blow dry) dan penataan rambut. Peningkatan hasil belajar berupa nilai yang diperoleh peserta didik baik nilai praktik maupun tertulis. Nilai rata-rata hasil belajar praktik materi pengeringan rambut pada pretest praktik 78,51 meningkat 2,35 poin menjadi 80,86 pada post test I kemudian rata- rata-rata hasil belajar meningkat 2,15 poin menjadi 83,72 pada post test II. Nilai rata-rata pretest tertulis 68,58 meningkat 11,15 poin menjadi 79,73 di post test I lalu pada post test II meningkat 5,01 poin menjadi 84,74.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Think Pair and Share, Pengeringan Rambut
Bibliografi : lembar 12 -122
SS00012342 | SK 12342 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2017.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain