Text
Pengaruh jenis kelamin, tingkat pendidikan dan status sosial ekonomi terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi dengan love of money sebagai variabel intervening
ABSTRAK
Fattah Hamidi, 2017: Pengaruh Jenis Kelamin, Tingkat Pendidikan, dan Status Sosial Ekonomi Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi Dengan Love of Money Sebagai Variabel Intervening
Pembimbing: (I) Ratna Anggraini, SE, M.Si; (II) Susi Indriani, SE, M.Si, Ak
Penelitian ini merupakan pengembangan dari penelitian yang dilakukan oleh Elias (2010) dengan menambahkan satu variabel independen yaitu status sosial ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Jenis Kelamin, Tingkat Pendidikan, dan Status Sosial Ekonomi Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi Dengan Love of Money Sebagai Variabel Intervening. Jenis Kelamin, Tingkat Pendidikan, dan Status Sosial Ekonomi sebagai variabel independen, Love of Money sebagai variabel intervening, dan Persepsi Etis sebagai variabel dependen.
Penelitian ini menggunakan data primer. Penelitian ini menggunakan convenience sampling dengan responden sebanyak 93 mahasiswa akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda untuk menguji hipotesis pada tingkat signifikansi 5%. dan tes sobel untuk mengetahui hubungan tidak langsung.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan jenis kelamin, tingkat pendidikan, status sosial ekonomi tidak memiliki pengaruh terhadap love of money. Kemudian jenis kelamin tidak memiliki pengaruh terhadap persepsi etis. Selain itu tingkat pendidikan dan love of money memiliki pengaruh terhadap persepsi etis. Pada uji sobel terlihat bahwa baik jenis kelamain ataupun tingkat pendidikan terbukti tidak dapat dimediasi menggunakan love of money untuk mengetahui pengaruhnya terhadap persepsi etis.
Kata kuci : jenis kelamin, tingkat pendidikan, status sosial ekonomi, love of money, persepsi etis
Bibliografi : lembar 103-105
SS00012403 | SK 12403 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain