Text
Pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique ( VCT ) terhadap sikap disiplin siswa dalam pembelajaran PKn : studi eksperimen di kelas IV SD Kelurahan Cengkareng Timur Jakarta Barat
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP SIKAP DISIPLIN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn
(STUDI EKSPERIMEN DI KELAS IV SD KELURAHAN CENGKARENG TIMUR JAKARTA BARAT)
abstrak
Septian Dicky Pratama
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan sikap disiplin siswa dengan “model pembelajaran Value Clarification Technique” dan “model pembelajaran Problem Based Learning”. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri di Kelurahan Cengkareng Timur, Jakarta Barat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Berdasarkan teknik tersebut, maka kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV C sebagai kelas kontrol dan setiap kelas memiliki 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, yaitu pretest dan posttest. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu digunakan uji normalitas dan homogenitas Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan sikap disiplin kelas IV A dan IV C. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t, diperoleh thitung = 4,788 dan ttabel = 2,001. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sikap disiplin dengan model pembelajaran Value Clarification Technique lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning.
Kata kunci : Pengaruh, model pembelajaran Value Clarification Technique, sikap disiplin Bibliografi : lembar 108 - 111
SS00012250 | SK 12250 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain