Text
Pengaruh jarak lokasi tempat tinggal dari pusat pelayanan terhadap persepsi pelanggan mengenai kualitas pelayanan airminum PDAM Tirta Handayani : studi kasus di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
ABSTRAK
Peni Puspitasari (431501505). Pengaruh Jarak Lokasi Tempat Tinggal Dari Pusat Pelayanan Terhadap Persepsi Pelanggan Mengenai Kualitas Pelayanan Air Minum PDAM Tirta Handayani. (Studi Kasus di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunnungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta). Skripsi. Jakarta : Program Studi Geografi, Fakulatas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta. 2017
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jarak lokasi tempat tinggal dari pusat pelayanan terhadap persepsi pelanggan tentang kualitas pelayanan air minum PDAM Tirta Handayani yang mengambil studi kasus di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Januari hingga April 2016. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan survei.
Populasi penelitian ini adalah pelanggan berdomisili di Desa Sidoharjo dan Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul dengan pelanggan PDAM sebanyak 14.738. Pengambilan sampel diambil secara acak proposional dengan sasaran sampel adalah pelanggan rumah tangga yang berlangganan selama 1 tahun atau lebih menggunakan tabel sampel menurut Yount menjadi berjumlah 147, 38 jiwa, dibulatkan menjadi 147 jiwa dengan penyebaran sampel 74 sampel di Desa Sidoharjo dan 73 sampel di Desa Purwodadi. Teknik pengambilan data menggunakan data primer dengan kuesioner dan data sekunder. Teknik analisa datanya adalah menggunakan tabel rumus rentang skor.
Klasifikasi jarak di Desa Sidoharjo antara 13.500m – 14.800m hingga klasifikasi jarak antara 17.401m – 18.700m persepsi pelanggan adalah sedang, juga pada Desa Purwodadi klasifikasi jarak antara 20.001m – 21.200m hingga 23.601m – 24.800m memiliki persepsi pelanggan yang sedang, namun pada jarak terjauh di Desa Sidoharjo yaitu antara 18.701m – 20.000m persepsi pelanggan menjadi rendah, demikian juga dengan Desa Purwodadi dengan jarak terjauhnya yaitu antara 24.8801m – 26.000m persepsi pelanggan menjadi rendah. Hampir semua pelanggan baik Desa Purwodadi dan Desa Sidoharjo memiliki persepsi sedang mengenai pelayanan PDAM, sedangkan pada jarak terjauh ke PDAM pada kedua desa tersebut yaitu Desa Purwodadi dan Desa Sidoharjo, persepsi pelanggan menjadi rendah. Hal ini memberi kesimpulan bahwa pelanggan di Desa Purwodadi dan Desa Sidoharjo memiliki persepsi sedang mengenai kualitas pelayanan PDAM Tirta Handayani, tidak baik juga tidak buruk.Dari semua indikator tersebut, terdapat pengaruh antara jarak dengan persepsi pelanggan mengenai pelayanan air minum PDAM, kecuali indikator kualitas air. Kualitas air tidak dipengaruhi oleh jarak melainkan dipengaruhi oleh musim.
Kata Kunci : Jarak Lokasi Tempat Tinggal, Persepsi Pelanggan, Kualitas Air Minum PDAM Bibliografi : lembar 72 74
SS00012262 | SK 12262 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain