Text
Evaluasi kinerja kepala sekolah pada " program studi banding kepemimpinan kepala sekolah "
EVALUASI KINERJA KEPALA SEKOLAH PADA PROGRAM STUDI BANDING KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH
(2017)
Husna Nur Ahlina
ABSTRAK
Penelitian evaluasi kinerja ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kinerja kepala sekolah setelah mengikuti on the job learning pada Program Studi Banding Kepemimpinan Kepala Sekolah yang meliputi tiga komponen penilaian kinerja, yaitu: (1) komponen kepribadian dan sosial; (2) komponen pengembangan sekolah; dan (3) komponen supervisi pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan model evaluasi kinerja metode peringkat (rangking method). Pada penelitian ini, peneliti menggunakan 10 responden yang terdiri dari 5 orang kepala sekolah mitra, dan 5 orang guru sekolah imbas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, dan kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja kepala sekolah imbas berdasarkan 3 komponen penilaian kinerja sudah sangat baik dalam mengelola 3 komponen tersebut, tetapi masih ada yang harus ditingkatkan lagi diantaranya adalah kepala sekolah imbas mampu mendeskripsikan tugas setiap komponen yang terdapat dalam struktur organisasi sekolah dan mampu menyesuaikan karakteristik/kemampuan individu tersebut dengan deskripsi tugas dalam menyusun struktur organisasi sekolah. Dan mengelola supervisi pembelajaran mulai dari menyusun program, melaksanakan, sampai menilai dan menindaklanjuti kegiatan supervisi pembelajaran sehingga dapat terlaksana dengan baik demi meningkatkan profesionalisme guru.
Kata Kunci: Evaluasi, kinerja, kepala sekolah, metode peringkat, program studi banding kepemimpinan kepala sekolah
Bibliografi : lembar ; 107 -108
SS00012431 | SK 12431 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain