Text
Hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar pada siswa SMK Tirta Sari Surya Jakarta
ABSTRAK
ANWAR HASIHOLAN. Hubungan Antara Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Siswa SMK Tirta Sari Surya Jakarta. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Januari 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris dan fakta-fakta yang tepat, serta reliabel (dapat dipercaya dan dapat diandalkan) tentang: hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Tirta Sari Surya Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung awal November 2016 sampai akhir Januari 2017. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Tirta Sari Surya Jakarta sebanak 574 siswa dan populasi terjangkau dari penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran berjumlah 96 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 78 orang dengan teknik acak proposional. Berdasarkan Uji F diketahui bahwa Fhitung (52,42) > Ftabel (4,03), artinya Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan signifikan. Uji kelinieran regresi menghasilkan diperoleh Fhitung 1,00 sedangkan Ftabel 1,71. Hal ini menunjukkan bahwa Fh < Ft yang berarti regresi linier. Data hasil perhitungan menunjukkan thitung sebesar 7,24 dan ttabel sebesar 1,67. Karena thitung > ttabel , maka dapat disimpulkan antara disiplin belajar dengan hasil belajar terjadi korelasi yang signifikan. Uji koefisien determinasi, dilakukan untuk mengetahui besarnya persentase hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar. Dari hasil perhitungan, dapat diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 40,82%. Hal ini berarti variasi hasil belajar ditentukan oleh disiplin belajar sebesar 40,82%. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dikemukakan diatas, maka dapat diketahui bahwa terdapat hubungan positif antara disiplin belajar dengan hasil belajar pada siswa di SMK Tirta Sari Surya Jakarta.
Bibliografi : lembar 73-75
SS00012227 | SK 12227 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain