Text
Perkembangan IT dalam kegiatan pembelajaran anak usia 6-7 tahun
Perkembangan IT dalam Kegiatan Pembelajaran Anak Usia 6-7 Tahun
PG PAUD UNJ - 2017
Darwanti
ABSTRAK Kajian ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan IT dalam hal ini adalah gadget dalam kegiatan pembelajaran anak usia 6-7 tahun tentang kebiasaan dalam menggunakan gadget di rumah. Kajian ini dilakukan pada bulan Februari 2017. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Analisis hasil kajian menunjukkan bahwa anak usia 6-7 tahun masih berada pada tahap praoperasional, dimana anak masih menggunakan simbol seperti kata-kata atau gambaran dalam pikiran untuk menyelesaikan masalah dan memikirkan tentang benda-benda dan orang-orang yang tidak berada bersamanya. Anak memerlukan media dalam memahami sesuatu yang sedang mereka pelajari. Anak akan lebih mudah menerima proses pembelajran apabila cara yang digunakan sesuai dengan tingkat perkembangan usia anak. Anak lebih suka akan bermain sesuatu yang membuat mereka menjadi senang. Gadget adalah media permainan anak yang sedang mewabah pada saat ini. Gadget tersebut dapat digunakan sebagai sarana media pembelajaran anak di rumah. Orang tua dapat mendownload aplikasi permainan berbasis edukasi dalam gadget untuk dimainkan oleh anak. Pengawasan dan batasan waktu dari orang tua juga sangat diperlukan dalam menggunakan gadget tersebut, walaupun tujuan penggunaan gadget sebagai media pembelajaran bagi anak.
Kata Kunci : Gadget, Media, Pembelajaran Bibliografi : lembar 44-45
SS00012472 | SK 12472 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain