Text
Pengaruh penambahan pure sukun (artocarpus communis) pada pembuatan pasta segar Fettucine terhadap daya terima konsumen
PENGARUH PENAMBAHAN PURE SUKUN (Artocarpus communis) PADA PEMBUATAN PASTA SEGAR FETTUCINE TERHADAP DAYA TERIMA KONSUMEN
SITI NASYA NURHAYATI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penambahan pure sukun (Artocarpus communis) pada pembuatan pasta segar fettucine terhadap daya terima konsumen. Penelitian dilakukan di Laboraturium Pengolahan Makanan Program Studi Tata Boga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. Waktu pelaksanaan penelitian adalah dari bulan Oktober 2016 sampai dengan Januari 2017. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah pasta segar fettucine dengan penambahan pure sukun sebanyak 40%, 50%, dan 60% yang kemudian diujikan kepada 30 panelis agak terlatih yang menilai aspek warna, aroma, rasa, dan tekstur (kekenyalan). Pada aspek warna dan tekstur (kekenyalan), yang paling disukai konsumen adalah penambahan pure sukun pada pembuatan pasta segar fettucine sebanyak 50% dengan rata-rata masing-masing 4,07 dan 3,80. Pada aspek aroma, yang paling disukai konsumen adalah penambahan pure sukun pada pembuatan pasta segar fettucine sebanyak 40% dengan rata-rata 3,90. Sedangkan pada aspek rasa, penambahan pure sukun sebanyak 50% dan 60% paling disukai konsumen dengan rata-rata yang sama yaitu 3,87. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa pada aspek rasa, warna, dan tekstur (kekenyalan) tidak terdapat pengaruh penambahan pure sukun pada pembuatan pasta segar fettucine terhadap daya terima konsumen. Sedangkan untuk aspek aroma, terdapat pengaruh penambahan pure sukun pada pembuatan pasta segar fettucine. Berdasarkan hasil uji Tukey pada aspek aroma, formula paling disukai konsumen dan disarankan adalah penambahan pure sukun sebanyak 50%. Hal ini terkait dengan optimalisasi penambahan sukun yang digunakan.
Kata kunci: Pure Sukun, Pasta Segar Fettucine, Daya Terima Konsumen
EFFECT THE ADDITION OF BREADFRUIT PUREE (Artocarpus communis) IN THE MAKING OF FRESH PASTA FETTUCINE TO CONSUMER ACCEPTANCE
SITI NASYA NURHAYATI
ABSTRACT
This study aims to determine and analyze the effect of the addition of mashed breadfruit (Artocarpus communis) in the making of fresh pasta fettucine to consumer acceptance. Research conducted at the Laboratory Food Processing Catering Studies Program, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Jakarta. The timing of the research is from the month of October 2016 until January 2017. This study used an experimental method. The sample in this study is the addition of mashed breadfruit on making fresh pasta fettucine as much as 40%, 50%, and 60% were then tested on 30 bit trained panelists who assess the aspect of color, aroma, flavor, and texture (elasticity). In the aspect of color and texture (elasticity), the most preferred by consumers is the addition of mashed breadfruit on making fresh pasta fettucine as much as 50% with an average respectively 4.07 and 3.80. In the aspect of scent, the most preferred by consumers is the addition of mashed breadfruit on making fresh pasta fettucine as much as 40% with an average of 3.90. While the aspect of taste, the addition of mashed breadfruit as much as 50% and most preferably 60% of consumers with the same average is 3.87. Statistical analysis showed that the aspect of flavor, color, and texture (elasticity) there is no effect of adding mashed breadfruit on making fresh pasta fettucine to consumer acceptance and there is the effect of adding mashed breadfruit on making fresh pasta fettucine in the aspect of scent. Based on the results of Tukey test on aspects of the aroma, the best formula suggested is an increase of 50% because it is associated with optimizing the addition of breadfruit used.
Keyword: Breadfruit Puree, Fresh Pasta Fettucine, Consumer acceptance
Bibliografi : lembar 69-70
SS00012512 | SK 12512 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain