Text
The cognitive and psychomotor domain represented in English final examination : aqualitative study in SMAN 22 Jakarta
ABSTRAK
Revinia Deviyanti. 2017. Ranah Kognitif dan Psikomotor dalam Ujian Akhir Bahasa Inggris: Studi Kualitatif di SMAN 22 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat ranah kognitif dan psikomotor yang terdapat dalam soal ulangan akhir semester Sekolah Menengah Atas tahun 2014 dan 2015 kelas sepuluh di SMAN 22 Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2016 sampai Januari 2017. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan konten analisis isi sebagai metode penelitian, soal ulangan akhir dianalisis dengan cara mengategorikan tes kedalam ranah kognitif dan psikomotor. Ranah kognitif diperoleh melalui tes tertulis, sedangkan ranah psikomotor diperoleh melalui tes verbal. Hasil penelitian menunjukkan ada lima kategori dari ranah kognitif yang muncul dalam tes, yaitu 45% Remembering, 28% Understanding, 21% Applying, 5% Analyzing, dan 1% Evaluating. Kemudian, ada dua kategori ranah psikomotor, yaitu Manipulation dan Precision. Kesimpulannya, guru sebaiknya mempertimbangkan kembali untuk membuat tes ujian akhir dalam mencapai kategori aspek kognitif dan psikomotor dalam penerapan Kurikulum 2013.
Kata Kunci :Ulangan akhir semester Bahasa Inggris, Aspek Kognitif, Aspek Psikomotor, Taksonomi Bloom
Bibliografi : lembar 42-44
SS00012497 | SK 12497 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain