Text
Peningkatan keterampilan proses sains dasar IPA melalui metode pembelajaran kooperatif learning teknik Think Pair Share (TPS) : penelitian tindakan pada siswa kelas III SDN Pondok Bambu 06 Pagi, Pondok Bambu, Jakarta Timur
“PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR IPA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TEKNIK THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS III SDN PONDOK BAMBU 06 PAGI, PONDOK KOPI, JAKARTA TIMUR”
Melati Azzahra
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran kooperatif model think pair share (TPS) dapat meningkatkan keterampilan proses sains dasar siswa (mengklasifikasi). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart, yang dilakukan selama 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan, refleksi tindakan. Proses pengumpulan data melalui tes kemampuan keterampilan proses sains dasar khususnya tentang wujud dan sifat benda, dan non tes berupa hasil observasi pelaksanaan metode think pair share, dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara, catatan lapangan dan hasil dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan proses sains dasar siswa, khususnya tentang wujud dan sifat benda, Setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode think pair share. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata skor keterampilan proses sains dasar pada tahap pra siklus 45,55%, skor tersebut mengalami peningkatan menjadi 64,81% pada akhir siklus I, dan mengalami peningkatan lagi menjadi 77,77% pada akhir siklus II. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa penggunaan metode think pair share membuat siswa lebih aktif belajar, bertanggung jawab dan mandiri sesuai masalah yang nyata dan kontekstual.
Kata kunci : Metode Think Pair Share, Keterampilan proses sains dasar, penelitian tindakan. Bibliografi : lembar 230-234
TM00002282 | TM 2282 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2017.02) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain