Text
Evaluasi kualitas media pembelajaran video tutorial materi kerah shiller dan kerah setali pada mata pelajaran teknologi menjahit
ABSTRAK
Rentika Aldini. Evaluasi Kualitas Media Pembelajaran Video Tutorial Materi Kerah Shiller dan Kerah Setali pada Mata Pelajaran Teknologi Menjahit. Jakarta: Program Studi Pendidikan Tata Busana, Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga (IKK), Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh dan menganalisis hasil evaluasi kualitas media pembelajaran video tutorial materi kerah shiller dan kerah setali pada mata pelajaran teknologi menjahit. Peneliti membuat media pembelajaran dalam bentuk video tutorial, dimana didalamnya terdiri dari gabungan berbagai komponen yaitu: teks, layout, warna, audio, gambar, animasi dan video. Media pembelajaran video tutorial dibuat dengan menggunakan beberapa software yaitu CorelDRAW X5, Adobe Photoshop CS5, Macromedia Flash dan Adobe Premiere.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan Pre-eksperimental design. Penelitian ini menggunakan pengujian internal expert review (pendapat ahli dan praktisi) dan pengujian eksternal field evaluation (evaluasi lapangan). Pengujian internal terdiri dari uji validitas (1 dosen ahli materi dan 1 dosen ahli media), uji kualitas media (3 dosen ahli materi dan 2 dosen ahli media). Pengujian eksternal dilakukan terhadap 30 peserta didik yang telah mengikuti mata pelajaran teknologi menjahit sebagai pengguna. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan skala penilaian ratting scale.
Media pembelajaran video tutorial dikatakan berkualitas berdasarkan hasil hasil skor penilaian ahli materi 90.6% dan media 86.2% yang meliputi aspek materi dan media. Berdasarkan hasil kuesioner peserta didik 58.3% menyatakan media pembelajaran video tutorial sangat baik, 40% menyatakan cukup baik, dan yang kurang baik 1.6%.
Hasil penelitian evaluasi kualitas media pembelajaran video tutorial materi kerah shiller dan kerah setali pada mata pelajaran teknologi menjahit menunjukkan bahwa media ini baik untuk digunakan sebagai alternatif sumber belajar. Hasil ini diperoleh dari penilaian panelis ahli materi dan panelis ahli media serta diperkuat dengan pendapat peserta didik sebagai pengguna media pembelajaran video tutorial. Kata kunci : evaluasi, kualitas, media pembelajaran, video tutorial, kerah shiller, kerah setali, teknologi menjahit
Bibliografi : lembar 102-104
SS00012537 | SK 12537 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2017.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain