Text
An analysis of lecturers' written corrective feedback in English Department students' research proposal of skripsi : a content analysis
ABSTRAK
Lina Herlina. 2017. Sebuah Analisis Umpan Balik Korektif Tertulis Dosen di Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris dalam Penulisan Proposal Penelitian Skripsi. Skripsi Jakarta: Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian dilakukan untuk mengetahui jenis dan respon siswa terhadap umpan balik korektif tertulis yang diberikan dosen di penulisan proposal penelitian skripsi siswa jurusan bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan analisis konten kualitatif. 30 proposal penelitian skripsi dan 10 angket digunakan sebagai sumber data penelitian. Data dianalisis menggunakan teori Rod Ellis (2009). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya tiga dari enam tipe umpan balik korektif tertulis dosen digunakan dalam proposal penelitian skripsi jurusan Bahasa Inggris seperti Indirect, Direct, dan Reformulation. Selain itu, penelitian ini mendapatkan hasil bahwa siswa lebih memilih jenis Direct Feeback sebagai tipe yang digunnakan dosen dalam mengkoreksi penulisan proposal penelitian dan mengikuti umpan balik dosen dalam memperbaiki penulisan. Penggunaan umpan balik langsung dan tidak langsung dalam setiap bagian dari penulisan proposal penelitian skripsi siswa menyimpulkan bahwa dosen kebanyakan menggunakan dua jenis itu dalam memberikan umpan balik korektif tertulis di jurusan Bahasa Inggris.
Kata kunci: Kesalahan Gramatikal, Umpan Balik Tertulis Korektif Dosen, Respon Siswa, Proposal Penelitian Skrispi, Siswa jurusan Bahasa Inggris, Analisis konten Kualitatif.
Bibiliografi : lembar 47-48
SS00012499 | SK 12499 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain