Text
Peningkatan hasil belajar IPA melalui pendekatan inkuiri terbimbing : penelitian tindakan di SDIT Citra Insani kelas IV tahun pelajaran 2016/2017 melalui tema peduli tehadap makhluk hidup sub tema tumbuhan disekitar rumahku
PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING
(Penelitian Tindakan di SDIT Citra Insani Kelas IV Tahun Pelajaran 2016/ 2017 melalui Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup, Sub Tema Tumbuhan disekitar Rumahku)
JANWAR ARISTA arista.janwar@yahoo.com
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empirik tentang penggunaan pendekatan inkuiri terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar siswa SDIT Citra Insani pada pembelajaran IPA melalui tema Peduli terhadap Makhluk Hidup, sub tema Tumbuhan disekitar Rumahku. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Citra Insani dengan subjek siswa kelas IV yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini merupakan penellitian tindakan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart, dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Proses pengumpulan data melalui tes hasil belajar IPA dan non tes berupa hasil observasi pelaksanaan pembelajaran melalui pendekatan inkuiri terbimbing menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, wawancara, catatan lapangan, dan hasil dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar IPA pada tema Peduli Terhadap Lingkungan, sub tema Tumbuhan disekitar Rumahku. Dibuktikan dengan nilai hasil belajar IPA yang mencapai ketuntasan pada tahap pra-siklus sebesar 30%, pada siklus I tingkat ketuntasan meningkat menjadi 52,3%,dan siklus II meningkat menjadi 82,6%. Implikasi dari penelitian ini mengiindikasikan bahwa penerapan pendekatan inkuiri terbimbing menekankan siswa aktif secara fisik dan mental sehingga pembelajaran lebih bermakna dan pembelajaran berpusat pada siswa Kata Kunci: Hasil belajar IPA, Pendekatan Inkuiri Terbimbing, dan Penelitian tindakan Bibliografi : lembar 121-123
TM00002332 | TM 2332 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2017.02) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain