Text
Perbandingan kecerdasan emosional antara siswa peserta mentoring Islam dengan siswa bukan peserta mentoring Islam kelas XII SMAN 31 Jakarta
PERBANDINGAN KECERDASAN EMOSIONAL ANTARA SISWA PESERTA MENTORING ISLAM DENGAN SISWA BUKAN PESERTA MENTORING ISLAM KELAS XII SMAN 31 JAKARTA
(2017)
MARYAM HAFIZOH
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kecerdasan emosional antara siswa peserta mentoring Islam dengan siswa bukan peserta mentoring Islam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu dengan skala psikologi. Instrumen yang digunakan adalah skala kecerdasan emosional dari Diah Susilowati berdasarkan teori Daniel Goleman. Sampel penelitian ini berjumlah 70 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu disproportionate stratified random sampling. Hasil uji reliabilitas skala kecerdasan emosional sebesar 0,87 dengan 55 item valid dianalisis dengan menggunakan model Rasch. Analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah t-test independent sample menggunakan SPSS versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa peserta mentoring Islam memiliki kecerdasan emosional yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa bukan peserta mentoring Islam.
Kata kunci : Kecerdasan Emosional, Mentoring Islam
Bibliografi : lembar 63-65
SS00012653 | SK 12653 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.09.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain