Text
Studi kasus penyelenggaraan program pendidikan kecakapan kerja pada rumpun kecantikan jenis keterampilan tata rias pengantin di DKI Jakarta tahun 2016
STUDI KASUS PENYELENGGARAAN PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN KERJA PADA RUMPUN KECANTIKAN JENIS KETERAMPILAN TATA RIAS PENGANTIN DI DKI JAKARTA TAHUN 2016
(2016) DINDA JAYANTI SAFITRI
ABSTRAK
Penelitian ini mengangkat kasus program pemerintah yang bernama Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) yang sudah berlangsung selama kurang lebih 5 tahun. Pelaksanaan program yang telah dilakukan selama kurang lebih 5 tahun belum memiliki data yang empiris terkait penyelenggaraan di lapangan. Penelian ini bertujuan untuk mengevaluasi secara kualitatif mulai dari identifikasi lembaga sampai hasil program, penyelenggaraan program Pendidikan Kecakapan Kerja di LKP Kenz salon dan LKP Virta salon tahun 2016. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan metode penelitian studi kasus sukses yang mengacu pada teori Success Case Method dari Brinkerhoff. Penelitian ini menentukan subjek penelitian. Adapun aktor yang terlibat dalam program PKK meliputi pengelola, Instruktur dan peserta didik program yang menjadi subjek penelitian. Prosedur perekaman data dalam penelitian ini meliputi Wawancara semi terstruktur, observasi, dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator keberhasilan program PKK di LKP Kenz Salon dan LKP Virta salon belum tercapai. Dalam proses penyelenggaraannya progam PKK di LKP Kenz Salon dan LKP Virta Salon belum sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang terdapat pada Petunjuk Teknis program PKK Tahun 2016.
Kata Kunci: PLS, Kursus, Pendidikan Kecakapan Kerja, Lembaga Pendidikan dan Keterampilan, Andragogi
Bibliografi : lembar 170-171
SS00012663 | SK 12663 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain