Text
Pengembangan bahan ajar pendukung berupa majalah elektronik fisika pada materi pemanasan global SMA kelas XI
ABSTRAK
WIDIYA WIYANTI. NIM: 3215122019. Pengembangan Bahan Ajar Pendukung Berupa Majalah Elektronik Fisika pada Materi Pemanasan Global SMA Kelas XI. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Februari 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar pendukung berupa majalah elektronik fisika yang dapat digunakan sebagai pendukung bahan ajar utama yang bersifat mandiri pada materi Pemanasan Global SMA kelas XI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada teori Borg dan Gall yang telah dimodifikasi tanpa mengurangi esensinya dengan melalui delapan tahap pengembangan. Majalah elektronik fisika ini sudah melalui tahap evaluasi sesuai dengan metode yang digunakan, yaitu uji kelayakan oleh ahli materi, ahli media dan ahli grafika, serta uji coba lapangan kepada guru fisika dan siswa. Berdasarkan uji kelayakan didapatkan hasil, ahli materi adalah 90,69% dengan interpretasi “sangat baik”, ahli media adalah 84,36% dengan interpretasi “sangat baik”, dan ahli grafika adalah 89,52% dengan interpretasi “sangat baik”. Uji coba lapangan dilakukan kepada dua guru fisika dan mendapatkan hasil 91,04% denga interpretasi “sangat baik” serta uji coba lapangan kepada 70 siswa mendapatkan hasil 83,51% dengan interpretasi “sangat baik”. Hasil dari penelitian ini adalah majalah elektronik fisika pada materi pemanasan global SMA kelas XI dinyatakan layak sebagai bahan ajar pendukung siswa.
Kata Kunci: bahan ajar pendukung, majalah elektronik fisika, pemanasan gl
Biibliipgrafi : lembar 66-68
SS00012682 | SK 12682 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain