Text
Pola interaksi sosial siswa kelas percepatan belajar : studi kasus kelas 8 SKS SMP Islam PB Soedirman Cijantung Jakarta Timur
ABSTRAK
DINA PERWITASARI, Pola Interaksi Sosial Siswa Kelas Percepatan Belajar (Studi Kasus Kelas 8 SKS SMP Islam PB Soedirman, Cijantung Jakarta Timur). Skripsi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Ilmu Sosial (IPS), Fakultas Ilmu Sosial, Univeritas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola interaksi siswa kelas percepatan belajar di SMP Islam PB Soedirman Cijantung Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Observasi dilakukan dengan melihat, mengamati, serta mencatat proses interaksi siswa kelas percepatan belajar SKS (Sitem Kredit Semester) di kelas VIII, SMP Islam PB Soedirman. Dokumentasi dilakukan dengan cara mengambil gambar berupa foto yang berkaitan dengan penelitian.
Hasil penelitian ini adalah pola interaksi siswa kelas percepatan belajar SKS di SMP Islam PB Soedirman yang menunjukan bahwa pola interaksi dilihat berdasarkan pelakunya yaitu Interaksi antar individu seperti siswa kelas sks dengan gurunya pada umumnya sama dengan interaksi antara siswa dengan guru pada sekolah lainnya yaitu yang bertujuan memperoleh hasil belajar maksimal untuk setiap siswanya. Sedangakan interaksi yang terjadi diantara siswa kelas sks dengan teman sekelasnya merupakan interaksi yang harmonis dikarenakan sikap solidaritas yang timbul karena kesadaran akan status sosial pada diri siswa SKS dan menyebabkan siswa kelas SKS memiliki perasaan nyaman bila berintraksi dengan sesamanya saja. Sedangkan interaksi antar kelompok siswa sks dengan siswa kelas non sks merupakan interaksi yang berjalan kearah kesenjagan sosial yang disebabkan oleh ekslusifitas yang diberikan sekolah terhadap kelas SKS yang menciptakan terjadinya kecemburuan sosial yang kemudian menyebabkan kesenjangan sosial diantara siswa.
Kata Kunci :Pola Interaksi Sosial, Percepatan Belajar, SMP Islam PB Soedirman Bibliografi : lembar 222
SS00012701 | SK 12701 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain