Text
Pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa Asing : sebuah penelitian Etnografi di Pusat Bahasa, Universitas Bremen, Jerman
ABSTRAC
Pendahuluan
Era globalisasi mengharuskan setiap individu di dunia agar dapat mempersiapkan dan menghasilkan sumber daya yang berkualitas terutama di bidang komunikasi. Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa asing yang diakui sebagai bahasa Internasional. Oleh karena itu, Bahasa Inggris memegang peranan penting dalam menghadapi arus global ini baik untuk berkomunikasi dengan dunia luas maupun mempelajari pengetahuan-pengetahuan yang menggunakan referensi Bahasa Inggris. Eropa merupakan negara-negara yang sangat terkenal dengan sistem pendidikannya yang berkualitas dan itu dijadikan model bagi beberapa negara lainnya khususnya bagi negara berkembang untuk mengembangan sistem pendidikannya. Salah satu negara yang terkenal bagus sistem pendidikannya adalah Negera Republik Federal Jerman. Republik Federal Jerman sebagai salah satu negara Eropa dimana Bahasa Inggris berstatus sebagai bahasa asing, turut memfasilitasi warganya dan warga asing lainnya untuk mempelajari Bahasa Inggris. Salah satu institutusi pendidikan terbaik di Jerman adalah Universitas Bremen. Ia merupakan salah satu institusi pendidikan yang bertujuan untuk mencetak para lulusan dengan kualitas yang diakui dunia. Universitas tersebut terdiri iv dari 23.500 mahasiswa yang berasal dari 126 negara dengan 12 fakultas. Adapun mahasiswa yang datang adalah mahasiswa dari berbagai negara sedangkan Jerman merupakan negara dimana Bahasa Inggris adalah berstatus sebagai bahasa asing, maka untuk membekali dan mengasah kemampuan mahasiswa dalam berbahasa, Universitas Bremen mempunyai sebuah Pusat Bahasa yang disebut SprachZentrum. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai pembelajaran Bahasa Inggris yang berkaitan dengan (1) Tujuan pembelajaran bahasa inggris (2) Materi yang digunakan dalam pembelajaran bahasa inggris; (3) Metode pembelajaran; (4). Evaluasi pembelajaran Metode Penelitian Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode etnografi dengan pendekatan kualitatif di Pusat Bahasa, Universitas Bremen, Jerman. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah (1) observasi; (2) wawancara; (3) dokumen. Data penelitian ini berupa catatan-catatan lapangan yang diperoleh melalui peristiwa / proses belajar mengajar, serta hasil wawancara. Adapun teknik pengujian keabsahan data adalah melalui (1) triangulasi, (2) ketekunan pengamatan; (3) perpanjangan pengamatan. Hasil Penelitian Setelah semua data terkumpul, data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data Spradley, yang terdiri dari empat tahap, v yaitu (1) analisis domain; (2) analisis taksonomi (3) analisis komponen; (4) analisis tema. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan beberapa kesimpulan yaitu (1) tujuan pembelajaran Bahasa Inggris di Pusat Bahasa Universitas Bremen adalah untuk tujuan pembelajaran Bahasa Inggris di Pusat Bahasa Universitas Bremen adalah untuk: a) Meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris secara mendalam, b) Memperdalam kemampuan bahasa Inggris dalam bidangnya, c) Mempromosikan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar/Lingua Franca antar bangsa, d) Mendukung mahasiswa untuk bermobilisasi secara internasional. (2) Materi pembelajaran digunakan adalah bervariasi; (3) Pengembangan silabus yang digunakan adalah silabus komunikatif; (4) Kegiatan pembelajaran yang diterapkan adalah studentcentered bukan teacher-centered; (4) Evaluasi pembelajaran yang diterapkan berupa tes lisan dan tulisan. Dari hasil penelitian dan pembahasan ini penulis merekomendasikan bahwa: Pertama, sistem pembelajaran yang telah diterapkan di Pusat ahasa Universitas Bremen dapat dijadikan contoh model pembelajaran bagi Indonesia. Pembelajaran yang
bersifat student centred, dengan mendorong mahasiswa lebih aktif dalam belajar, membuat pembelajaran Bahasa Inggris menjadi lebih efektif. Kedua, adanya proses peningkatan mutu pendidik yang kontinue, juga peningkatan dalam penyediaan fasilitas pembelajaran dengan vipemanfaatan teknologi. Ketiga, penulis menyadari bahwa penelitian ini masih sangat jauh dari sempurna. Oleh karena itu, bagi para peneliti yang mempunyai ketertarikan atau ketidakpuasan dengan penelitian ini diharapkan dapat melakukan penelitian lebih lanjut untuk menambah wawasan kita tentang pembelajaran Bahasa Inggris.
Bibliografi : lembar 106-111
TM00005001 | TM 5001 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2014.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain