Text
Pengaruh penambahan agar-agar pada pembuatan bubur jagung instan terhadap daya terima konsumen
PENGARUH PENAMBAHAN AGAR-AGAR PADA PEMBUATAN BUBUR JAGUNG INSTAN TERHADAP DAYA TERIMA KONSUMEN
RAMADHAN PRATAMA PUTRA Pembimbing Yati Setiati dan Ridawati
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penambahan agar-agar pada pembuatan bubur jagung instan terhadap daya terima konsumen. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Pengolahan Makanan Program Studi Tata Boga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta pada bulan April 2016 – Januari 2017, dengan menggunakan metode eksperimen. Perbandingan yang digunakan dalam penambahan agar-agar sebanyak 4%, 6% dan 8%. Pada uji validasi yang dilakukan kepada 5 dosen ahli, yaitu bubur dari beras jagung dengan penambahan agar-agar dinyatakan layak dan mendapat nilai yang baik. Selanjutnya untuk menilai daya terima konsumen dilakukan uji organoleptik terhadap aspek warna bubur, rasa bubur, aroma bubur, dan tekstur bubur kepada panelis agak terlatih yaitu, mahasiswa program studi Tata Boga Universitas Negeri Jakarta yang berjumlah 30 orang. Hasil perhitungan data uji daya terima konsumen menunjukkan bahwa bubur dari beras jagung dengan penambahan agar-agar 4%, 6%, dan 8% dengan aspek warna, rasa, dan aroma tidak terdapat perbedaan sehingga dapat diterima konsumen. Hasil uji Friedman menunjukan bahwa terdapat pengaruh pada taraf signifikansi
SS00012912 | SK 12912 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain