Text
Meningkatkan kreativitas menggambar melalui media cetak timbul dalam pembelajaran seni rupa siswa kelas IV SDN Rawamangun 09 pagi Jakarta Timur
Meningkatkan Kreativitas Menggambar Melalui Media Cetak Timbul dalam Pembelajaran Seni Rupa Siswa Kelas IV SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur 2017 Mila Roza
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Meningkatkan Kreativitas Menggambar Melalui Media Cetak Timbul dalam Pembelajaran Seni Rupa Siswa Kelas IV SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Rawamangun 09 Pagi kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD yang berjumlah 41 orang Siswa. Pembelajaran Seni Rupa dalam Mata Pelajaran Seni Budaya dan Kerajinan (SBK) berlangsung pada semester I, tahun ajaran 2016-2017 dengan menggunakan media Cetak Timbul, banyaknya siklus ada dua, yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh saat proses pembelajaran melalui media Cetak Timbul , pada siklus I kreativitas menggambar siswa mencapai skor rata-rata 63,41% dan pada siklus II kreativitas menggambar siswa mencapai rata-rata 90%. Hasil instrumen pemantau tindakan pada siklus I yaitu 63% sedangkan pada siklus II mencapai 92%. Dengan demikian melalui media Cetak Timbul dapat meningkatkan Kreativitas Menggambar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah Kreativitas menggambar siswa yang diperoleh semakin tinggi jika pembelajaran dilakukan dengan menerapkan media Cetak Timbul mampu menimbulkan kekreatifan dan keseriusan serta daya tangkap yang baik sehingga aspek membuat karya gambar cetak timbul tercapai.
Kata Kunci : Kreativitas, Menggambar, Media Cetak Timbul, Pembelajaran Seni Rupa. Bibliografi : lembar 96-97
SS00012893 | SK 12893 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain