Text
Pengembangan lembar kegiatan siswa berbasis model pembelajaran proyek di kelas I Sekolah Dasar : penelitian dan pengembangan di SD Negeri Cijantung 03 Pagi Jakarta Timur
PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROYEK DI KELAS I SEKOLAH DASAR (2017)
Ega Sri Budiarti
ABSTRAK
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kegiatan siswa berbasis model pembelajaran proyek untuk kelas I Sekolah Dasar. Lembar kegiatan siswa yang dihasilkan difokuskan pada tema 4 subtema 4 kebersamaan dalam keluarga. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan langkah-langkah penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Responden dalam pengembangan ini diantaranya, satu dosen ahli materi, satu dosen ahli bahasa, satu dosen ahli media, guru kelas I sebanyak dua orang, dan siswa kelas I SD Negeri Cijantung 03 Pagi Jakarta Timur sebanyak 35 siswa. Evaluasi lembar kegiatan siswa berbasis model pembelajaran proyek ini menggunakan uji evaluasi mulai dari expert review, one to one, small group, sampai field test. Dari hasil expert review diperoleh presentase rata-rata 89,1% yang artinya kualitas lembar kegiatan siswa berbasis model pembelajaran proyek sangat baik. Pada uji coba small group diperoleh presentase rata-rata 99% yang artinya sangat baik. Selanjutnya pada uji coba field test diperoleh presentase rata-rata 97% yang artinya sangat baik. Hasil penelitan dan pengembangan ini menunjukkan bahwa lembar kegiatan siswa berbasis model pembelajaran proyek sangat layak digunakan siswa kelas I Sekolah Dasar.
Kata Kunci: Lembar Kegiatan Siswa, Model Pembelajaran Proyek, Penelitian dan Pengembangan.
Bibliografi : lembar 100-102
SS00013010 | SK 13010 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain