Text
Manajemen pembelajaran berbasis ICT (Information Communication and Technology) di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Ummu'l Quro Depok
MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS ICT (INFORMATION COMMUNICATION AND TECHNOLOGY) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU UMMU’L QURO DEPOK (2017)
Syarifah Syadzwina Yunita
ABSTRAK
Penelitian dilakukan di SMPIT Ummu’l Quro Depok, yang bertujuan untuk mengetahui manajemen pembelajaran berbasis ICT (Information Communication And Technology) disekolah ini. Penelitian ini dilakukan dari bulan November 2016 sampai dengan Januari 2017. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan, wawancara, dan studi dokumentasi. Sumber dari penelitian ini yaitu: Kepala SMPIT Ummu’l Quro Depok, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Guru Bahasa Inggris sekaligus penanggung jawab quipper school di SMPIT Ummu’l Quro Depok, Guru Bahasa Indonesia, Siswa kelas 8 peraih penghargaan dari quipper school, dan Siswa kelas 8. Perencanaan pembelajaran berbasis ICT (Information Communication And Technology) dimulai dari analisis kebutuhan peserta didik, lalu dilakukan pembagian kelas, pembuatan jadwal, dan yang terakhir adalah pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Pelaksanaan pembelajaran berbasis ICT (Information Communication And Technology) dimulai dari penyampaian materi oleh guru, kemudian siswa akan diberi tugas untuk mencari informasi melalui laptop masingmasing, dan yang terakhir siswa akan mempresentasikan hasil pekerjaan mereka. SMPIT Ummu’l Quro Depok hendaknya memperbanyak pelatihan-pelatihan untuk mengembangkan kompetensi guru terutama dibidang pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran, agar fasilitas yang ada dapat dimaksimalkan untuk mendukung proses belajar mengajar di sekolah ini. Sehingga minat belajar peserta didik akan meningkat karena adanya variasi dalam setiap pembelajarannya.
Kata Kunci : Manajemen Pembelajaran, ICT (Information Communication And Technology) Bibliografi : lembar 73-74
SS00012917 | SK 12917 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain