Text
Peningkatan sikap toleransi siswa melalui pembelajaran PKn berbasis active learning tipe role playing : penelitian tindakan kelas di kelas V SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur
Peningkatan Sikap Toleransi Siswa Melalui Pembelajaran Pkn Berbasis Active Learning Tipe Role Playing (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas V SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur) (2017)
Nur Hidayah
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap toleransi siswa melalui pembelajaran PKn berbasis active learning tipe role playing di kelas V SDN Rawamangun 09 Jakarta Timur. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Rawamangun 09 sebanyak 26 siswa yang terdiri dari 11 laki-laki dan 15 perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model spiral dari Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian ini melalui tahap perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini diperoleh langsung dari kuesioner,lembar pengamatan, dan dokumentasi yang dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan dari hasil analisis data yang diperoleh saat penelitian menunjukkan peningkatan pada sikap toleransi yaitu pada siklus I sebanyak 61,53% dan meningkat pada siklus II menjadi 88,46%. Data yang diperoleh pada pelaksanaan active learning tipe role playing untuk tindakan guru pada siklus I menunjukkan persentase sebanyak 70% dan pada siklus II sebanyak 87,5%. Data yang diperoleh pada pelaksanaan active learning tipe role playing untuk tindakan siswa pada siklus I 67,5% dan siklus II 82,5%. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, menyimpulkan bahwa sikap toleransi pada siswa kelas V SDN Rawamangun 09 Jakarta Timur dapat meningkat melalui pembelajaran PKn berbasis active learning tipe role playing.
Kata kunci : Sikap Toleransi, Pembelajaran PKn, Active Learning tipe role playing
Bibliografi : lembar 119-121
SS00012991 | SK12991 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain