Text
Hubungan antara konsep diri dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD : studi korelasi di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan
HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN
MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD
(Studi Korelasi di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Tebet, Jakarta
Selatan)
Isnaini
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai hubungan
antara konsep diri dan kemampuan pemecahan masalah matematika pada
siswa kelas V Sekolah Dasar. Sampel dalam penelitiann ini adalah siswa
kelas VA SDN Kebon Baru 09, Jakarta Selatan, sebanyak 27 orang.
Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode
yang digunakan adalah survey dengan pendekatan korelasional.
Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan non tes kemudian
dianalisis dengan mengguunakan uji signifikansi dengan menggunakan uji-t.
Berdasarkan uraian deskripsi, analisis, dan pengolahan data statistik variabel
penelitian diperoleh persamaan regresi Ŷ = 0,401 + 0,595X . Sehingga dapat
disimpulkan bahwa tingkat keeratan hubungan antara konsep diri dan
kemampuan pemecahan masalah matematika adalah sedang atau cukup.
konsep diri memiliki kontribusi terhadap kemampuan pemecahan masalah
matematika. Dengan kata lain semakin tinggi konsep diri maka akan tinggi
pula kemampuan pemecahan masalah matematikanya. Demikian pula
sebaliknya, semakin rendah konsep diri maka akan rendah pula kemampuan
pemecahan masalah matematikanya. Jadi, perlu adanya upaya guru untuk
membantu siswa meningkatkan konsep diri agar kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa juga meningkat.
Kata Kunci: Konsep Diri, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Bibliografi : lembar 82-84
SS00012992 | SK 12992 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain