Text
Upaya meningkatkan hasil belajar belajar IPA "cahaya dan sifatnya" melalui strategi cooperative tipe STAD
ABSTRAK
Sabila Yassarah “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Cahaya dan Sifat-sifatanya Melalui Strategi pembelajaran cooperative learning Tipe STAD Pada siswa kelas V SDN Cilandak Timur 05 Pagi Jakarta Selatan. Skripsi, Jakarta : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negri Jakarta. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar IPA tentang Cahaya dan Sifat-Sifatnya dapat ditingkatkan melalui strategi pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD pada siswa kelas V SD Cilandak Timur 05 Pagi, Jakarta Selatan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus menggunakan prosedur tindakan yaitu perencanaan, pengamatan,pelaksanaan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai Desember 2016 dengan subyek penelitian berjumlah 30 siswa yang duduk di kelas V SD Cilandak Timur 05 Pagi, Jakarta Selatan. Pada siklus pertama, hasil belajar IPA mencapai 66,67%, sedangkan pada siklus kedua mencapai 83,43%. Adapun nilai pengamatan proses pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD pada siklus pertama mencapai 77,5% dan pada siklus kedua mencapai 92,5%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang Cahaya dan Sifat-Sifatnya pada siswa kelas V SD Cilandak Timur 05 Pagi, Jakarta Selatan.
Bibliografi :lembar 125-126
SS00013027 | SK 13027 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain