Text
Hubungan antara komunikasi interpersonal Kepala Sekolah dengan Guru SMK Swasta di Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor
HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASIINTERPERSONAL KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SWASTA KECAMATAN BOGOR UTARA KOTA BOGOR
WISNU DIPUTRA
Program Studi Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Jakarta
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara komunikasi interpersonal dengan kinerja guru di SMK Swasta Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan dua variabel di dalamnya yaitu (X) komunikasi interpersonal sebagai variabel bebas dan (Y) kinerja guru sebagai variabel terikat.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan hasil analisis studi korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMK Swasta di Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor sebanyak 580 guru. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan teknik tersebut, ukuran sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 85 guru. Pengumpulan data untuk variabel (X) komunikasi interpersonal dan variabel (Y) kinerja guru menggunakan angket.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi product momentdidapati koefisien korelasi (r) = 0,58892 dan berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji-t diperoleh thitung sebesar 6,639 ˃ ttabel sebesar 1,671. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara komunikasi interpersonal dengan kinerja guru di SMK Swasta Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor. Adapun kontribusi yang diberikan oleh komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru adalah sebesar 34,68%.
Kata kunci : Komunikasi Interpersonal, Kinerja Guru Bibliografi : lembar 150-153
SS00012995 | SK 12995 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain