Text
Peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode pembelajaran index card match untuk siswa kelas III SD : (penelitian tindakan kelas di SDN Jati 03 Pagi Pulo Asem Utara Jakarta Timur)
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK SISWA KELAS III SDN JATI 03 PAGI PULO ASEM JAKARTA TIMUR
Rahayu Mulyanitha
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode Index Card Match pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jati 03 Pagi Pulo Asem Utara Jakarta Timur. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model spiral/siklus dari Stephen Kemmis dan Mc. Taggart dengan dua tahap siklus yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengambilan data melalui pengamatan/observasi dan pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi/foto yang diambil pada saat proses belajar mengajar. Pada siklus I rata-rata nilai siswa hanya 68,75 dengan persentase 59% masih belum mencapai target. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh dari proses pembelajaran dengan menggunakan metode Index Card Match dengan Persentase pencapaian pemantau aktivitas guru pada siklus I sebesar 70% dan pemantau tindakan siswa pada siklus I sebesar 60%. Pada siklus I. Pada siklus II nilai rata-rata kemampuan hasil belajar IPS yang diperoleh siswa 82,5 dengan persentase 84% sedangkan persentase pemantau tindakan aktivitas guru pada siklus II sebesar 90% dan pemantau tindakan siswa sebesar 85%. Data ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar serta aktivitas guru dan siswa dari siklus pertama dan kedua. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Jati 03 Pagi Pulo Asem Utara Jakarta Timur. Implikasi hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Index Card Match merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial tentang Lingkungan Alam dan Lingkungan Buatan. Jika disetiap ruang kelas telah menerapkan metode Index Card Match dengan baik, maka dua hasil yang akan diperoleh. Pertama, hasil belajar kognitif siswa akan menjadi lebih baik, dan kedua adanya hubungan sosial antar siswa yang lebih baik.
Kata Kunci : Hasil belajar, metode Index Card Match kelas III SD, Ilmu Pengetahuan Sosial
Bibliografi : lembar 108-109
SS00013036 | SK 13036 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain