Text
Efektivitas program pendidikan latihan berjenjang tingkat dasar bagi pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) PAUD : evaluasi program model kirkpatrick di Jabodetabek tahun 2012)
EFEKTIVITAS PROGRAM PENDIDIKAN DAN LATIHAN BERJENJANG TINGKAT DASAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (PTK) PAUD
(Evaluasi Program Model Kirkpatrick di Jabodetabek Tahun 2012)
EVA RIZA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Program Pendidikan dan Latihan Berjenjang Tingkat Dasar Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) PAUD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Model yang digunakakan adalah model The Four Level Kirkpatrick (Reaction, Learning, Behavior, and Result). Hasil penelitian adalah (1) Level Reaksi, reaksi peserta terhadap sarana pendukung kegiatan dan pelayanan panitia baik tetapi proses rekrutmen belum sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan dan monitoring tugas mandiri belum terkoordinasi dengan baik, (2) Level pembelajaran, dalam kategori Baik, hasil pos tes peserta meningkat sangat tinggi walaupun hasil ini juga dipengaruhi oleh pengalaman pendidikan peserta sudah S1 atau sedang mengikuti kuliah S1 PAUD, (3) Level perilaku, peserta Diklat mengalami peningkatan dalam kualitas perencanaan, proses belajar, evaluasi pembelajaran, serta keterampilan berkomunikasi dalam pengasuhan, namun format perencanaan pembelajaran tetap mengacu pada format lembaga masing-masing. Penerapan lagu-lagu dan permainan yang dipelajari dari narasumber dan peserta lain aplikasi pembelajaran peserta diklat sangat tinggi (4) Level hasil, dampak Diklat Dasar terhadap lembaga seperti peningkatan dalam kualitas dan jumlah hasil karya, efisiensi pembuatan media pembelajaran, serta kualitas pelayanan terhadap anak dalam kategori baik.
Kata Kunci: Efektivitas, Program Diklat Berjenjang Tingkat Dasar, Tenaga Pendidik dan Kependidikan PAUD.
Bibliografi : lembar 157-159
TM00004963 | TM 4963 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain