Text
Pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD pada pembelajaran IPA : studi penelitian eksperimen Kelurahan Menteng Atas Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA
(Studi Penelitian Eksperimen Kelurahan Menteng Atas Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan)
(2017)
Nanda Shifa Fauziah
ABSTRAK
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD pada pembelajaran IPA. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Menteng Atas 11 Pagi Jakarta Selatan sebanyak 30 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain pretest-posttest control design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan hasil thitung(6,68)>ttabel(1,673) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran POE terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD pada pembelajaran IPA. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran POE dapat dijadikan sebagai salah satu upaya dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD pada mata pelajaran IPA. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan setiap siswa sehingga dapat merancang suasana dan gaya belajar yang bervariasi untuk dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD pada pembelajaran IPA.
Kata Kunci : Pembelajaran POE ( Predict-Observe-Explain), Kemampuan Berpikir Kritis IPA Bibliografi : lembar 94-97
SS00013015 | SK 13015 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain