Text
Analisis motivasi belajar siswa di SMAN 77 Jakarta pada penggunaan media mobile learning dalam pembelajaran laju reaksi kimia
ABSTRAK
Muhamad Fazar Nurhadi. Analisis Motivasi Belajar Siswa di SMAN 77 Jakarta pada Penggunaan Media Mobile Learning dalam Pembelajaran Laju Reaksi Kimia. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Desember 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran Motivasi Belajar siswa dalam proses pembelajaran kimia pokok bahasan Laju reaksi dengan menggunakan media mobile learning. Penelitian dilaksanakan di SMAN 77 Jakarta pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian siswa kelas XI MIA 2.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan deskriftif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi kelas, reflective journal siswa, kuisioner motivasi belajar dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan tahapan yaitu reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi. Quality standard yang digunakan adalah trustworthiness (kepercayaan) dengan kriteria credibility (kredibilitas) melalui prolonged engagement, persistent observation, progressive subjectivty dan member checking.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa di SMAN 77 Jakarta khususnya kelas XI MIA 2 pada penggunaan media mobile learning dalam pembelajaran pokok bahasan laju reaksi kimia menunjukkan hasil yang baik pada ketiga aspek yaitu attention, confidence dan satisfaction.
Kata Kunci: Motivasi belajar siswa, Media Pembelajaran, Mobile learning, Laju reaksi
Bibliografi : lembar 92-94
SS00013073 | SK 13073 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain