Text
Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi (high order thinking skill) siswa SMA
ABSTRAK
Wulandari Fitriani. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Melatih Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skill) Siswa SMA. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. Februari 2017.
Penelitian ini bertujuan menghasilkan lembar kerja siswa (LKS) untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skill) siswa SMA Kelas X pada pembelajaran Fisika dalam materi kinematika gerak lurus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development dengan pendekatan model Dick dan Carey, yang dilakukan dari langkah pertama sampai langkah kesembilan. Sesuai dengan metode pengembangan yang digunakan, pengembangan LKS mengikuti proses evaluasi formatif yang dilakukan melalui uji kelayakan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran, serta pengguna yaitu guru dan siswa. Berdasarkan hasil uji kelayakan, diperoleh nilai rata-rata persentase hasil ahli media 86,68%, ahli materi 79,69%, dan ahli pembelajaran 82,22%. LKS diujicobakan kepada siswa kelas X SMA Negeri 17 Jakarta. Uji efektivitas memberikan nilai gain sebesar 0,72 dengan interpretasi tinggi. Berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan, LKS dinyatakan layak digunakan sebagai media belajar untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skill) siswa SMA.
Kata Kunci: LKS; student worksheet; Fisika; R&D; High Order Thinking Skill; Bibliografi : lembar 68-69
SS00013077 | SK 13077 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain