Text
Penerapan desain komunikasi visual untuk menginformasikan dan mempromosikan Sekolah Taman kanak-kanak Ananda Kalijaga
ABSTRAK
Fatimah Syahidatur Rahmah, Penerapan Desain Komunikasi Visual Untuk Menginformasikan dan Mempromosikan Sekolah Taman Kanak-Kanak ananda Kalijaga. Skripsi. Jakarta, Progran Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, 2017. Dosen Pembimbing: Prasetyo Wibowo Yunanto, ST., M.Eng. dan Dr. Yuliatri Sastrawijaya, M.Pd. Media komunikasi visual merupakan sebuah sarana promosi ataupun sosialisasi yang efektif dalam penyampaian informasi ke masyarakat luas. Tujuan media promosi adalah untuk menginformasikan, mempengaruhi, hingga merubah perilaku target sesuai denga tjuan yang inin diwujudkan. Penggunaan media komunikasi visual sangat dibutuhkan dalam pengenalan diri sebuah perusahaan ataupun lembaga. Pengunaan komunikasi visual dalam dunia pendidikan tidak kalah penting, karena masyarakat membutuhkan sebuah informasi sekolah yang baik. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan membuat desain komunikasi visual yang berguna sebagai media promosi dengan memberikan informasi kepada masyarakat khususnya anak-anak dan orang tua agar lebih tertarik dan lebih mengenal sekolah TK Ananda Kalijaga. Mengajak anak-anak usia dini khususnya dari masyarakat kurang mampu untuk bersekolah. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Evaluasi yang dapat digunakan untuk penilaian keberhasilan, manfaat, kegunaan, dan kelayakan suatu produk. Kebutuhan media yang diperlukan dalam penelitian ini adalah: brosur, flyer, xbanner, dan papan nama yang dapat digunakan sebagai media komunikasi visual yang efektif dan komunikatif, yang dapat menarik minat masyarakat khususnya anak-anak aar mendaftarkan dirinya untuk besekolah d TK Ananda Kalijaga. Hasil pnelitian ini menunjukkan adanya media yang dapat mempermudah orantua khususnya dari masyarakat kurang mampu untuk mengetahui informasi tentang TK Ananda Kalijaga, dan mengajak anak usia dini untuk bersekolah di TK Ananda Kalijaga.
Kata Kunci: Desain Komunikasi Visual, Media Promosi, TK Ananda Kalijaga Bibliografi : lembar 56-57
SS00013158 | SK 13158 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2017.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain